MaKaNn kHass LampUNg ..

Kamis, 05 Desember 2013



 Resep Seruit, Makanan Khas Lampung


 Seruit

Seruit adalah makanan khas lampung yang cukup dikenal buat orang asli Lampung. Kakak ipar saya biasanya membuat seruit di rumah, dan selalu jadi makanan favorit biarpun saya sendiri berdarah sunda. Pada dasarnya seruit adalah berupa sambal yang dicampur dengan ikan, cuma yang membuat lezat adalah tambahan tempoyak atau durian fermentasi dan mangga pada sambalnya. Ini yang membuat rasanya jadi ramai dengan pedas, asam, asin dan gurih.

Bahan-bahan
  • 500 gr ikan patin (atau bisa dengan ikan mas)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
Bahan Sambal
  • 1 bungkus terasi udang
  • 50 gr cabe keriting
  • 100 gr tomat ceri
  • 3 butir bawang merah
  • garam secukupnya
  • tempoyak (duren fermentasi)
  • 1 buah mangga, iris-iris sekecil mungkin
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
Cara Membuat:
  1. Sambal: Panggang semua bahan kecuali garam, tempoyak, mangga dan jeruk nipis. Setelah matang, haluskan, masukkan garam, tempoyak, potongan mangga dan air perasan jeruk nipis.
  2. Bersihkan ikan patin, potong-potong dalam ukuran kecil.
  3. Campurkan potongan ikan dengan sambal, lalu remas-remas dengan tangan hingga lumat dan rata.
  4. Sajian siap dihidangkan.

kuliner khas lampung



masakan khas lampung Provinsi lampung adalah salah satu dari beberapa provinsi yang ada di sumatra yang sangat terkenal dengan gajahnya. Provinsi yang berbatasan dengan bengkulu dan sumsel di sebalah utaranya ini adalah provinsi paling selatan di pulau sumatra, dan sama seperti kebanyakn provinsi di sumatra dan indonesia, lampung juga memiliki keanekaragaman kuliner yang sangat banyak dan pastinya nikmat.

Untuk itu kali ini saya akan coba hadirkan beberapa kuliner khas lampung baik berupa makanan, minuman atau juga jajanan. karena keterbatasan saya sendiri, daftar kuliner yang saya tampilkan baru sebagian saja , tetapi saya akan terus menambah daftar kuliner dari lampung ini.

Makanan:
1. pindang
2. seruit

Minuman:

Jajanan:

Saya akan sangat berterimakasih jika anda mau berbagi info kuliner khas lampung lainnya dengan saya, untuk itu jangan sungkan untuk berbagi. Semoga yang saya tampilkan ini dapat bermanfaat dan menambah pengeahuan kita

.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 melda's kemuning. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.